Selasa, 28 Januari 2014

TUGAS SIVA SIDDHANTA II “LONTAR BHUWANA KOSA”


TUGAS SIVA SIDDHANTA II
LONTAR BHUWANA KOSA
Dosen Pengampu: I Ketut Pasek Gunawan, S.Pd.H


 



OLEH :  Kelompok  I/PAH/V.B

          NO                       NAMA                                                   NIM
1.      NI  MADE  SULIARTINI                                    10.1.1.1.1.3864
2.      NI LUH PUTU ASTINI                                        10.1.1.1.1.3865
3.      NI MADE PURWANINGSIH                              10.1.1.1.1.3867
4.      PUTU RIKA PERDIANI                                     10.1.1.1.1.3869
5.      GST. AYU INDRAWATI RAHAYU                  10.1.1.1.1.3870
6.      KOMANG EDY INDRAWAN                            10.1.1.1.1.3872
7.      GEDE ARI KRISNA PUTRA                             10.1.1.1.1.3874
8.      PUTU SRI SUSANTHI                                         10.1.1.1.1.3875
9.      KOMANG SOEYASA                                          10.1.1.1.1.3876





JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA
FAKULTAS DHARMA ACARYA
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR

 
2012
I.       PENDAHULUAN
          Sesungguhnya, setiap agama yang ada dan berkembang dimuka bumi ini, bertitik tolak kepada kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Banyak hal yang mendorong kita harus percaya terhadap adanya Tuhan itu dan berlaku secara alami. Adanya gejala atau kejadian dan keajaiban di dunia ini, menyebabkan kepercayaan itu semakin mantap. Semuanya itu pasti ada sebab- musababnya, dan muara yang terakhir adalah Tuhan Yang Maha Kuasa. Tuhanlah yang mengatur semuanya ini, Tuhan pula sebagai penyebab pertama segala yang ada.
            Kendati kita tidak boleh cepat-cepat percaya kepada sesuatu, namun percaya itu penting dalam kehidupan ini. Banyak sekali kegiatan yang kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari hanyalah berdasarkan kepercayaan saja. Setiap hari kita mneyaksikan matahari terbit dan tenggelam. Demikian pula adanya bulan dan bintang yang hadir di langit dengan teratur. Belum lagi oleh adanya berbagai mahluk hidup dan hal-hal lain yang dapat menjadikan kita semakin tertegun menyaksikannya. Adanya pergantian siang menjadi malam, adanya kelahiran, usia tua, dan kematian, semuanya ini mengantarkan kita harus percaya kepada Tuhan, bahwa Tuhanlah yang merupakan sumber dari segala yang terjadi di alam semesta ini.
            Karena agama itu adalah kepercayaan, maka dengan agama pula kita akan merasa mempunyai suatu pegangan iman yang menambatkan kita pada satu pegangan yang kokoh. Pegangan itu tiada lain adalah Tuhan, yang merupakan sumber dari semua yang ada dan yang terjadi. Kepada-Nya-lah kita memasrahkan diri, karena tidak ada tempat lain dari pada-Nya tempat kita kembali. Keimanan kepada Tuhan ini merupakan dasar kepercayaan agama Hindu. Inilah yang menjadi pokok-pokok keimanan agama Hindu.
            Adapun pokok-pokok keimanan dalam agama Hindu dapat dibagi menjadi lima bagian yang disebut dengan Panca Sraddha, yaitu percaya adanya Tuhan (Brahman/Hyang Widhi), percaya adalanya Atman, percaya adanya Hukum Karma Phala, percaya adanya Punarbhawa (Reinkarnasi/Samsara) dan percaya adanya Moksa. Di dalam Siwa Tattwa dijelaskan pula bahwa ajaran-ajaran seperti tersebut di atas sering disebut ajaran Saivasiddhanta.
   Siva siddhanta merupakan kesimpulan dari masing-masing ajaran dari sekte-sekte yang ada mengalami kristalisasi kedalam sekte siva siddhanta. Siva siddhanta artinya suatu ajaran yang guna mencapai pribadi dan kebenaran yang tertinggi atau yang utama.
Di Bali sumber ajaran siva siddhanta terdaapt 4 kelompok yaitu kelompok weda, tattwa, ethika, dan upacara. Yang termasuk kelompok tattwa yaitu: Bhuwana kosa, wrhaspati tattwa, siwa gama, siwa tattwa, purana, gong besi, ganapati tattwa, tattwa jnana dan jnana siddhanta.
Bhuwana kosa merupakan salah satu sumber ajaran dari siva siddhanta, dan lontar ini dipandang sebagai lontar tertua yang terdiri dari 11 bab yang disebut dengan jumblah sloka 487 sloka. Secara gari besar Bhuwana kosa dapat dibagi  menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu: Brahmarahsyam yang berisi tentang percakapan antara Srimuni Bargawa dengan Bhatara Siwa. Dan bagian kedua tentang Jnana-rahasyam yang berisi percakapan antara Bhatara Siwa dengan Bhatari Uma dan Sang Kumara tentang pengetahuan untuk memahami Siwa yang bersifat sangat rahasia.
Adapun ajaran yang dijelaskan dalam Bhuwana kosa menyangkut tentang Tuhan dalam Bhuwana kosa yang disebut Bhatara Siwa, yang tak terpikirkan, tak tercampur, tak bergerak, tak terbatas. Dan bersifat imanen dan transenden. Serta terdapat proses penciptaan alam semesta (bhuwana agung) dengan segala isinya, dan manusia (bhuana alit), yang semua ciptaannya bersifat maya yang tidak kekal, karena mengalami kehancuran. Pada saat mngalami kehancuran semua ciptaaanya akan kembali kepadanya. Karena ia merupakan asal dari semuanya.
   Dalam artikel ini kelompok kami akan membahas tentang esensi ajaran Bhuwaana kosa, yang merupakan sumber ajaran dari siva siddhanta yang dapat dijadikan media dalam memudahkan pemahaman tentang ajaran siva siddhanta.

II.      PEMBAHASAN
2.1     Konsep Brahma Vidya Dalam Bhuwana Kosa
          Pudja (1999:3) mengatakan brahmavidya atau brahma jnana tattva adalah ilmu tentang Tuhan. Jadi, dalam kitab suci Hindu ilmu yang mempelajari tentang Tuhan dinamakan brahma vidya atau brahma tattva jnana. Brahma diartikan Tuhan, yaitu gelar yang diberikan kepada Tuhan sebagai unsur yang memberikan kehidupan pada semua ciptaanNya, Yang Maha Kuasa. Vidya atau Jnana kedua-duanya artinya sama yaitu ilmu. Tattva berarti hakikat tentang Tat atau “Itu”, yaitu Tuhan dalam bentuk Nirguna Brahman. Tattva Jnana artinya sama dengan ilmu tentang hakikat, yaitu ilmu tentang Tuhan.
          Berdasarkan uraian tersebut yang dimaksud dengan brahmavidya dalam agama Hindu adalah brahma tattwa jnana, yaitu ilmu tentang Tuhan. Ajaran Hindu adalah bersifat monoteistis, yaitu menyembah Tuhan Yang Maha Esa. Dikatakan demikian karena di dalam Chandogya-Upanisad, IV.2.1 ditegaskan “Ekam Eva Advityam Brahman”, (“Hanya ada satu Tuhan (Brahman) tidak ada yang kedua”). Pada mantram Trisandhya dikatakan “Eko Narayanaa na dwityo’sti kaccit”. (‘Tuhan hanya satu, sama sekali tidak ada duanya (yang kedua)’). Di dalam Rg. Weda I.164.46. disebutkan “Ekam Sat Viprah bahudha vadanti”, (“Hanya terdapat satu Kebenaran Yang Mutlak, orang bijaksana (resi) menyebut dengan banyak nama”). Dalam Kakawin Arjuna Wiwaha disebutkan, “Wahyadhyatmika sembahing hulun i jong ta tan hana waneh”. (‘Lahir batin sembah hamba ke hadapan Tuhan tak ada yang lainnya’). Demikian pula dalam mantra, Tuhan Yang Maha Esa (Sang Hyang Widhi Wasa) diwujudkan sebagai pranawa dengan suku kata suci OM.
          Dalam Siwa Tattwa (1999:25) disebutkan bahwa Tuhan dalam agama Hindu Indonesia adalah Sang Hyang Widhi Wasa. Nama ini berarti Yang Menakdirkan, Yang Maha Kuasa, yang dalam bahasa Bali diterjemahkan dengan Sang Hyang Tuduh atau Sang Hyang Titah. Dalam sastra-sastra, baik lontar maupun dalam puja astawa saat upacara keagamaan Tuhan atau Sang Hyang Widhi Wasa disebut dengan Bhatara Siwa. Artinya, umat Hindu di Indonesia termasuk di Bali yang telah memeluk agama Hindu secara turun temurun adalah memuja Tuhan atau Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Bhatara Siwa.
          Brahman memiliki dua aspek, yaitu Saguna Brahman dan Nirguna Brahman. Nirguna Brahman disebut Para Brahman, yaitu Brahman Tertinggi adalah Brahman yang bebas dari guna, Brahman yang tak terbatas, tak terkondisikan dan tanpa sifat. Ia tidak dapat dipahami. Dalam Bhagawadgita. VIII. 3 Sri Bhagavan bersabda, “Yang kekal abadi, maha Agung, adalah Brahman; persemayaman-Nya dalam badan individu dinamakan adhyatman; karma adalah nama yang diberikan kepada persembahan yang melahirkan makhluk hidup di dunia”. Ia tanpa ruang, tanpa waktu, tanpa sebab, tidak berpribadi. Ia tak berawal, tiada pertengahan, tiada berakhir, berada di mana-mana. Dalam Bhagawadgita. IX. 18 dijelaskan bahwa “Aku adalah tujuan, pengemban, penguasa, Aku adalah saksi, tempat kediaman, tempat perlindungan; Aku adalah kawan, asal mula, akhir kesudahan; Aku adalah dasar, tempat penyimpanan, benih abadi”. Bhagawadgita. IX. 19 “Aku adalah pemberani, kehangatan, menahan dan menurunkan hujan, Aku adalah keabadian dan kematian, sat dan asat, wahai Arjuna.
          Saguna Brahman yang juga disebut Apara Brahman adalah Ia yang Kuasa yang terbatas, yang tersangkut dengan dunia pengalaman dan jiwa perseorangan. Ia adalah Isvara. Hal ini dijelaskan dalam Bhagawadgita, IV.6 bahwa “Walaupun Aku tak terlahirkan, kekal, Aku adalah Isvara dari semua makhluk, Aku menjadikan diriKu sendiri dan menjadi ada dengan kekuatan Maya-Ku”. Ia yang menciptakan, memelihara, dan melebur dunia ini. Hal ini diuraikan dalam Bhagwadgita, XIV. 3 dan 4, yaitu “Kandungan Ku adalah Maha Brahma (prakrti) dimana aku meletakkan benih (kehidupan) di dalamnya dan dari sanalah adanya semua kelahiran makhluk ini, wahai Arjuna”. “Apapun wujud yang lahir itu, wahai Arjuna, pada kandungan siapapun, Maha Brahma adalah kandungannya dan Aku adalah bapak pemberi benih”. Manawa Dharmasastra, I. 8, juga menjelaskan bahwa “Tuhan menciptakan dari dirinya sendiri semua makhluk hidup yang beraneka ragam”. Ia yang hadir di mana-mana, maha tahu, maha kuasa, pengendali jiwa perseorangan, dan pengendali alam semesta. Hal ini dijelaskan dalam Bhagawadgita, IX. 4 bahwa “Alam semesta ini diliputi oleh-Ku dengan wujudKu yang tak nyata”. Ia adalah penguasa hukum karma dan moral. Hal ini dijelaskan dalam Bhagawadgita. IX. 17 bahwa “Aku adalah Bapa, Ibu, Pelindung, dan Datuk alam semesta ini, Aku adalah objek ilmu pengetahuan, pensuci, Aku adalah Omkara, dan juga Rg, Sama, dan Yayuh”.
          Masyarakat Hindu di Bali lebih mengenal Brahma Vidya atau Brahma Jnana Tattwa dengan sebutan Tattwa yang berarti hakikat tentang Tat atau “Itu”, yaitu Tuhan dalam bentuk Nirguna Brahman. Hal ini diterima sebagai salah aspek dari agama Hindu di Indonesia (Bali), di samping Susila dan Acara (Upacara). Ketiganya itu, yaitu tattwa, susila, dan acara dikenal sebagai kerangka dasar agama Hindu di Bali. Ajaran tattwa lebih dikenal dengan sebutan Siwatattwa yang merupakan kelompok lontar tattwa yang bersifat siwaistik. Termasuk ke dalam golongan ini, antara lain Buana Kosa, Wrspatitattwa, Tattwajnana, Sang Hyang Mahajanana, Ganapatitattwa, Buana Sangksepa, dan Jnanasiddhanta. Lontar yang disebutkan pertama sajalah yang akan dijadikan pusat bahasan pada kajian ini seperti dijelaskan berikut di bawah ini.
            Bhuwana Kosa adalah sebuah lontar yang tergolong jenis tattwa atau tutur yang bercorak Siwaistik. Lontar ini merupakan yang tertua hal ini tampak dari adanya teks Sansekertanya yang jumlahnya banyak, bahkan lebih banyak dari uraiannya dalam bahasa Jawa Kuna dan keadaan teksnya cukup baik. Lontar ini terdiri atas sebelas bab yang disebut dengan patalah dan 487 sloka. Pokok-pokok isi secara keseluruhan Bhuwana Kosa (Brahma Rahasyam) alih aksara dan alih bahasa, 1994, diterjemahkan oleh tim penerjemah yang terdiri atas Rai Mirsha, Sura, Maka, Djapa, Sujana dan Sunu diterbitkan oleh Upada Sastra di Denpasar dapat distrukturisasi sebagai berikut.
(1) Patalah I berjudul Brahma Rahasyam, Pretamah Patalah terdiri atas 33 sloka.
(2) Patalah II berjudul Brahma Rahasyam, Dwitiyah Patalah terdiri atas 20 sloka.
(3) Patalah III berjudul Brahma Rahasyam, Tritiyah Patalah terdiri atas 80 sloka.
(4) Patalah IV berjudul Buana Kosa, Catur Patalah terdiri atas 76 sloka.
(5) Patalah V berjudul Brahma Rahasyam, Panca Patalah terdiri atas 52 sloka.
(6) Patalah VI berjudul Jnana Siddhanta, Pretamah Patalah terdiri atas 4 sloka.
(7) Patalah VII berjudul Basma Mantra terdiri atas 30 sloka.
(8) Patalah VIII berjudul Jnana Sangksepa terdiri atas 40 sloka.
(9) Patalah IX berjudul Buana Kosa, Nawa Patalah terdiri atas 44 sloka.
(10) Patalah X berjudul Siddhanta Sastra, Dasa Patalah terdiri atas 35 sloka.
(11) Patalah XI berjudul Buana Kosa, Siwopadesa Samaptam terdiri atas 75 sloka.
          Adapun kesebelas topik pembahasan dalam 11 patala diantaranya: (1) Brahma Rahasyam, Prathama Patala (Rahasia Brahma Yang Pertama) yang menjelaskan rahasya Tuhan Yang Maha Esa yang disebut sebagai Siva yang bersemayam dalam hati yang dapat dilihat oleh seorang Yogisvara. (2) Brahma Rahasyam, Dvitiya Patala (Rahasia Brahma yang Kedua) yang menjelaskan rahasya Tuhan YangMaha Esa menciptakan alam semesta, sapta loka dan makhluk hidup lainnya serta sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa yang Nirguna. (3) Brahma Rahasyam, Tritiya Patala (Rahasia Brahma yang Ketiga) yang menjelaskan rahasya Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sang Hyang Rudra yang bersatu dengan Sang Hyang Siva. (4) Bhuwanakosa Caturta patala (Bhuvanakosa yang menjelaskan unsur-unsur jagat raya dari yang halus (Panca Tan Mantra) dan yang lebih kasar (Panca maha Bhuta), Buddhi, Manas, ahamkara dan Triguna. (5) Brahma Rahasyam, Pancama Patala (Rahasia Brahma yang Kelima) yang menjelaskan rahasya Tuhan Yang Maha Esa tentang alam Kaivalya, Jagrapada, Supta, dan Svapana serta perjalanan roh meninggalkan badan menuju alam yang murni yang menjadi tujuan para pandita. (6) Jnana Siddhanta Sastram Prathama Patala (Pengetahuan Jnana Siddhanta yang Pertama) yang menyatakan seorang Pandita hendaknya memahami Siddhanta. (7) Bhasma Mantra sakala vidhi sastram Dvitiya Patala (Pengetahuan tentang mantra abu suci yang Kedua) menjelaskan tentang manifestasi-Nya yang utama, yakni Brahma, Visnu, dan Siva, aksara yang berkaitan dengan Dewa-Dewa tersebut serta posisinya dalam tubuh manusia. (8) Jnana Samksepa (Simpulan Ajaran) menjelaskan tentang pahala penyucian diri. (9) Bhuvana Kosa Nava Patala (Bhuvana Kosa yang Kesembilan) menjelaskan tentang mudra (sikap tangan) dan arcana (tata cara pemujaan). (10) Siddhanta Sastra, Dasama Patala (Pengetahuan Siddhanta yang Kesepuluh) menjelaskan bagaimana seorang pandita menghadapi kematian sehingga menuju Sang Hyang Siva. Dijelaskan pula tentang Yoga Sandhi. Lepasnya atma melalui ubun-ubun (Sivadvara). (11) Bhuvana Kosa, Sivopadesa Sampta (Bhuwana Kosa, Ajaran Siva yang tertakhir). Merupakan bagian akhir dari Bhuvana Kosa ajaran Siva menjelaskan aksara suci perwujudan Tuhan Yang Maha Esa (Pranava) dan prosesnya menjadi berbagai aksara dalam alam semesta serta tubuh manusia, kemudian dari berbagai aksara itu kembali kepada asalnya (Gunawan, 2012:53-54).


2.2     Pokok-Pokok Ajaran Siva Siddhanta Yang Terkandung Dalam Bhuwana Kosa
          Secara garis besarnya isi Buana Kosa dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu pertama Brahmarahasyam dan kedua Jnanarahasyam. Brahmarahasyam berisi percakapan antara Srimuni Bhargawan dan Bhatara Siwa tentang Siwa yang bersifat sangat rahasia. Percakapan ini diuraikan dalam patalah I sampai dengan patalah V. Selanjutnya, Jnanarahasyam berisi percakapan antara Bhatara Siwa dengan Bhatari Uma dan Sang Kumara, yaitu tentang pengetahuan untuk memahami Siwa yang bersifat rahasia. Percakapan ini diuraikan dari patalah VI sampai dengan patalah XI.
          Tuhan dalam Buana Kosa disebut dengan Bhatara Siwa, Yang Maha Esa, tanpa bentuk, tanpa warna, tak terpikirkan, tak tercampur, tak bergerak, tak terbatas, tak termusnahkan, dan sebagainya. Hal ini diuraikan dalam Buana Kosa, I. 19, yaitu “Tan kareketan mala, tan palwir, tan pagatra, wypaka, yonggwan Sang Hyang Astasiwa, tar pacala, wisesa ya”, (Tanpa dosa, tanpa wujud, tanpa rupa, tetapi menguasai atau memenuhi alam. Itu tempat bersemayam Sang Hyang Astasiwa, sangat utama tanpa cela). Hal ini diuraikan pula dalam Buana Kosa, IV.44 disebutkan bahwa “Gunottamah niralambhah, nirgotra nissaraninah, ati parama sunyantam, nirbhanan niskalam prabhuh. Uttama ta sira dening asta guna, nirrassraya tar pagotra, tan pawak, atisaya ta sira ring wisesa, sunya malilang tejanira”, (Beliau sangat utama, karena memiliki delapan keakhlian, tanpa bantuan, tanpa rupa dan tanpa wujud, sangat sakti, sinar beliau sangat halus dan cemerlang).
          Bhatara Siwa sebagai Tuhan Yang Maha Esa dalam alam Brahma dijelaskan dalam Buana Kosa. II. 14, yaitu “Na rupam (ia yang tanpa rupa), na warnnam (tanpa warna), na rasam (tanpa rasa), na gandham (tanpa bau), na sabdam (tanpa suara), asparam (tak teraba), anamayam (tak terkena sakit), acintyam (tak terpikirkan), anadi madhyantam (tanpa awal, tanpa pertengahan, tanpa akhir, tanpa batas), asangkirnnan (tak tercampur), agatham (tanpa wujud), aracanam (tanpa rupa dan warna), adwityam (tak ada yang melebihi dalam hal keunggulan), na calitam (tak goyah), alinggakam (tanpa lingga), acyutam (tak susut), aksayam (tidak berkurang), anirgatam (tanpa perbuatan), aspreham (tanpa keinginan), agarbbha janma maranam (tidak lahir dari kandungan dan tanpa kematian), arogam (tanpa sakit), asokam (tanpa susah), awedhanam (tanpa penderitaan), asangsaram (tanpa sangsara), nirmalam (tanpa noda), na kalam (tanpa waktu), na kasam (tanpa angkasa), na samwatsara (tanpa tahun, tanpa musim, tanpa bulan, tanpa siang dan malam), asandhyangsam (tanpa senja kala), na muhurta (tanpa kurun waktu), na welakastam (tanpa matahari berjalan kearah utara, tanpa matahari berjalan di tengah-tengah), na daksinayanam (tanpa matahari berjalan di garis Khatulistiwa), animepyam (tanpa kerdip, tenang), sunyam (sepi), dhyawan (selalu ingat), waran (utama), satyam (setia), witam (sangat sepi dan hampa), swaccam (bersih), kewalyam (hampa), nirasrayam (tanpa bantuan atau perlidungan), Siwam (ia juga disebut Siwa), moksam (ia itu kebebasan yang sejati), nirasradham (tanpa iri hati), nirbanam (itu nirwana), Param Brahma (ia adalah Brahma tertinggi), nirakaram (tidak dapat diumpamakan), na bhaya (tidak terkena bahaya), amretam (tanpa kematian), etam brahmani (demikian wujud alam Brahma).
          Bhatara Siwa berada di mana-mana, sangat halus, tak terjangkau, dan tak terpikirkan oleh panca indriya dan pikiran manusia. Hal ini diuraikan dalam Buana Kosa, II.17, yaitu “Bhatara Siwa wyapaka, sira suksma tar keneng angen-angen, kadyangga ning akasa, tan kagrehita dening manah, mwang indriya”. (Sang Hyang Siwa ada di mana-mana, tetapi sangat halus tidak dapat dibayangkan atau dipikirkan. Beliau bagaikan angkasa tidak terjangkau oleh pikiran dan panca indriya). Bhatara Siwa, juga dikatakan menguasai pengetahuan, tanpa awal, tanpa pertengahan, dan tanpa akhir seperti diuraikan dalam Buana Kosa, IV:40, yaitu “Tan padi tan pamaddhya tan panta, wihikan ta sireng sarwwijnana kabeh, nitya ta sira haneng tapo loka, tan kena ring tuhapati”, (Tanpa awal, tanpa pertengahan dan tanpa akhir, Beliau menguasai semua pengetahuan, selalu tinggal di Tapa Loka, terhindar dari ketuaan dan kematian).
          Ia tak terbatas digambarkan secara terbatas. Oleh karena itu Ia sering disebut dengan nama yang berbeda-beda, seperti Brahma, Wisnu, Iswara atau Rudra sesuai dengan tugas dan fungsinya. Bhawa, Pasupati, Sarwajna, sesuai dengan tempat yang ditempatinya. Dalam Buana Kosa, III:9 ditegaskan bahwa “Nihan wibhaga munggwirikang tattwa kabeh, Sarwajnana ngaranya yang andel ing prethiwi, Bhawa ngaranira yang andel ing toya, Pasupati ngaranira yan andel ing Sang Hyang Agni, Isana ngaranira yan umandel ing bayu”, (Itulah perincian Bhatara yang berada pada semua tattwa, Sarwajna namanya bila Ia berada pada tanah, Bhawa namanya bila Ia berada pada air, Pasupati namanya bila Ia berada pada api, Isana namanya bila Ia berada pada angin).
          Sadyojata, Bhamadewa, Tatpurusa, Aghora, dan Isana dalam Panca Brahma. Dalam Rg. Veda I. 164. 46 disebutkan bahwa “Indram mitram Varuna agnim ahur atho dvyah sasuparno garutman, ekam sad vipra bahudha vadanty agnim yaman matarisvanam ahuh”. (Mereka menyebutkan Indra, Mitra, Varuna, Agni, dan Dia yang bercahaya yaitu Garutman yang bersaayap elok, Satu itu (Tuhan) sang bijaksana menyebut dengan banyak nama seperti Agni, Yama, Matarisvan).
          Nama-nama Bhatara Siwa diuraikan secara lebih terperinci dalam Buana Kosa. III:10, yaitu “Bhima ngaranira yang haneng akasa, kinahanan ta sira de ning asta guna, Mahadewa ngaranira yan haneng manah, tan pawak, Ugra ngaranira yan haneng panca tanmatra, Rudra ngaranira yan haneng teja, makawak ahangkara”. (Bhima namanya, bila Ia berada pada angka, Ia ditempati oleh asta guna,. Mahadewa namanya bila Ia berada pada pikiran, Ia tanpa badan. Ugra namanya bila Ia berada pada panca tanmatra. Rudra namanya bila Ia berada pada sinar, Ia berbadankan ahangkara).
          Dalam Lontar Bhuwana Kosa, Brahma Rahasya Tritiyah Patalah, III.12 disebutkan: katinah sarwwato bhumih, drawatwam sarwwato jalam, usnatwam sarwwato bahnih, calitwam sarwwato nilah. ikang makas ring sarira, prettiwi ika, ikang drawa ring sarira, apah ika, ikang molah ring sarira, bayu ika.
Terjemahannya:
Segala yang keras pada tubuh (daging dan tulang) itulah Pretiwi, yang cair pada tubuh (darah, kecing dan air kelenjar) itulah Apah, dan yang bergerak pada tubuh (udara dalam peparu dan jantung) itulah Bayu.
Selanjutnya III.13:
    Samiratwam tatha kasam, sangkalpam sarwwato manah, etat bhutwa sarirakyam, bhotika nabhi rusyate. lyang ning sarira kabeh pinaka hawa ning bayu, ya akasa bhuta, ngaran. ikang manah sangkalpa ring sarira, manah ika, nahan tatwani sarira panca maha bhuta inajaraken, aghora wijanya, ring nabhi sthana, ong ang, namah.
Terjemahannya:
Semua lubang pada tubuh (telinga 2, mata 2, hidung 2, mulut, dubur, kelamin) merupakan jalan nafas/ udara itulah perwujudan Akasa. Pikiran yang selalu penuh dengan keinginan pada diri kita itulah Manah. Demikianlah lima unsur kehidupan (Panca Maha Bhuta) yang Aku jelaskan. Manifestasi Aghora bersemayam di pusar, Ong, Ang aksara suci-Nya.
          Jadi memelihara alam adalah pekerjaan yang sangat mulia, karena dengan jalan itu manusia menunjukkan bhakti yang nyata kepada Ida Sanghyang Widhi. Bila kita sayang kepada diri kita, maka sayangilah alam, karena tubuh manusia diciptakan-Nya dari alam. Oleh karena itu di Bali dikenal adanya Bhuwana Agung, yaitu alam semesta dan Bhuwana Alit, yaitu tubuh manusia, kedua-duanya identik dan mempunyai unsur-unsur yang sama.
          Ia bersifat immanent dan transcedent, artinya Ia meresapi segala, hadir pada segala termasuk pada pikiran dan indriya (sira wyapaka). Transcedent, artinya Ia meliputi segala, tetapi Ia berada di luar batas pikiran dan indriya. Immanent, artinya hadir di mana-mana. Dalam Buana Kosa, I:10 ditegaskan bahwa “Lwir Bhatara Siwa hane ri ya, wyapaka nitya, menget sira tan cala, maweh sira kawruhana dening nina jnana, sira tamar cala irikang jagat kabeh, sthawara janggamarawaknya”, (Keberadaan Sang Hyang Siwa di sana, selalu menyusupi segala, selalu sadar dan tak bergerak, sulit diketahui oleh orang yang tidak berilmu pengetahuan, Beliaulah menggerakkan seluruh dunia, baik tumbuh-tumbuhan maupun binatang). Dalam Buana Kosa. III. 8 dinyatakan bahwa “Ika ta kapasangan ikan tattwa rudradi, ya ta pinaka sarira jagat kabeh, sira wypaka ring rat, sira wisesa, sira mungguh ring tattwa akabeh”. (Itulah rangkaian tattwa Rudra dan sebagainya. Itulah dijadikan badannya bumi seluruhnya. Adapun Bhatara Siwa, Ia meresapi seluruh dunia. Ia amat utama, berada pada semua tattwa (unsur).
          Meskipun Ia ini immanent dan transcedent pada semua makhluk, tetapi Ia tidak dapat dilihat dengan kasat mata karena Ia bersifat sangat rahasia, abstrak. Oleh karena kerahasiaannya dalam kakawin Arjuna Wiwaha Ia digambarkan bagaikan api dalam kayu, minyak dalam santan. Dalam Buana Kosa, II. 18 juga dinyatakan bahwa “Sang hyang Apuy hanerikang kayu-kayu, andatan katon, makanimitra suksmanira, yatha, kadyangganing akasa, mangkana ta Bhatara Mahadewa, an hana ring sarwa mawak, ndatar kapangguh sira, makanimitta ng suksmanira”. (Api itu ada pada kayu, namun tidak kelihatan, karena halusnya, ibarat angkasa. Demikianlah Sanghyang Mahadewa, hadir pada semua yang berwujud, tetapi tidak tampak, karena halusnya). Ia ada di mana-mana, pada semua yang ada ini. Ia tidak tampak, tetapi Ia ada. Sungguh sangat rahasia adanya. Dalam Buana Kosa II. 16 diuraikan bahwa “Bhatara Siwa sira wyapaka, sira suksma tar kneng angen-angen, kadyangga ning akasa de ning manah mwang indriya”. (Bhatara Siwa meresapi segala, Ia gaib tak dapat dipikirkan, Ia seperti angkasa, tak terjangkau oleh pikiran dan indriya).
          Ia adalah asal dari semua yang ada ini (sangkeng bhatara Siwa sangkanya). Alam semesta (bhuwana agung) dengan segala isinya, dan juga manusia (bhuwana alit) adalah ciptaan-Nya. Hal ini diuraikan dalam Buana Kosa, III:67 bahwa “Matangnyan mangkana, apan ikang satwa kabeh lingging tatwa, sangkeng Bhatara Siwa sangkanya, sira pinaka sarira tatwaning satwa kabeh, apan sira karananing dadi kabeh, yata katuturana de sang weruh ring tatwa”, (Apa sebab demikian, karena semua anazir-anasir atau unsur pada hakikatnya bersumber dari Sang Hyang Siwa. Beliaulah menjadi inti jasad anazir-anazir atau unsur, dan Beliau pula yang menyebabkan adanya semua yang ada. Hal itulah yang patut dihayati noleh orrang yang tahu akan hakikat hidup). Penampakan Bhatara Siwa dalam menciptakan dunia disebutkan dalam Buana Kosa, III:76 bahwa “Lwir Bhatara Siwa magawe jagat, Brahma rupa siran pangraksa jagat, Wisnu rupa siran pangraksa jagat, Rudra rupa sira mralayaken rat, nahan tawak nira, bheda nama”, (Brahma wujud-Nya waktu menciptakan dunia ini, Wisnu wujud-Nya waktu memelihara dunia ini, Rudra wujud-Nya waktu mempralina dunia ini, Demikianlah tiga wujud-Nya (Trimurti) hanya beda nama). Bhatara Siwa sebagai Brahma, Wisnu dan Rudra, dalam aksara dilambangkan sebagai Am Um Mam, kesatuan ketiganya adalah Om.
          Aktivitas Bhatara Siwa pada waktu mencipta dunia disebut utpatti, pada waktu menjaga dan memeliharanya disebut sthiti, dan pada waktu mengembalikan kepada asalnya disebut pralina. Dalam Buana Kosa, VII:25 disebutkan bahwa “Bhatara Brahma sirotpatti, Bhatara Wisnu sira sthiti, Bhatara Rudra sira pralina, nahan tang tiga pinaka sarana ring loka”, (Bhatara Brahma adalah pencipta, Bhatara Wisnu adalah yang memelihara, Rudra adalah pamralina. Demikianlah Dewa yang tiga itu sebagai pelindung). Hal ini diuraikan pula dalam Buana Kosa, VII:27, yaitu “Sang Hyang Brahma sira magawe jagat, Sang Hyang Wisnu sira rumakseng praja, Bhatara Rudra sira mralayaken rat, ikang rat mwang athawara janggama, yeka pinralinaken de sang Hyang Rudra”, (Sang Brahma menciptakan dunia, Sang Hyang Wisnu melindungi dunia, Sang Hyang Rudra melebur dunia dengan segala isinya, baik yang tidak bergerak maupun yang bergerak. Itu semua diatur oleh Sang Hyang Rudra).
          Semua ciptaan-Nya itu merupakan wujud mayanya yang bersifat tidak kekal. Dikatakan demikian karena segala wujud ciptaan-Nya itu dapat mengalami kehancuran. Pada saat mengalami kehancuran semua ciptaan-Nya itu akan kembali kepada-Nya. Mengingat Ia adalah asal dan tujuan semua yang ada ini (mijil sakeng sira, lina ri sira muwah). Dalam Buana Kosa, III:80 disebutkan bahwa “Sakweh ning jagat kabeh, mijil sangkeng Bhatara Siwa ika, lina ring Bhatara Siwa ya”, (Seluruh alam ini muncul dari Bhatara Siwa, lenyap kembali kepada Bhatara Siwa juga). Hal ini, dijelaskan pula dalam Buana Kosa, III:69 bahwa “Mangkana pwa Bhatara Siwa, irikang tattwa kabeh, ri wekasan lina ri sira muwah, nihan dretopamanya, kadyanggining wereh makweh wijilnya, tunggal ya sakeng wway”, (Demikianlah Sang Hyang Siwa pada semua unsur, pada akhirnya semuanya itu akan lenyap kembali pada Beliau. Begini ibaratnya, seperti buih banyak sekali muncul, tetapi sumbernya satu yaitu air). Mengenai peleburan dunia ini diuraikan pula dalam Buana Kosa. III. 71, yaitu “Sira Bhatara Rudra, nga, sira ta rumaksa ikang rat kabeh, yawat ri kalaniran pangraksa, tawat irika ta ya hananya nitya, anglinaken pwa sira wekasan, umantuk ta ya kabeh ri sira juga”, (Beliau Sang Hyang Rudra, Beliau menjaga seluruh dunia. Pada saat Beliau menjaga, pada saat itulah keadaannya kekal. Akhirnya, juga melebur dan akhirnya semua itu akan kembali juga pada Beliau).


2.3     Hakekat Brahman Dalam Bhuwana Kosa
          Terciptanya bhwana agung dan bhwana alit terjamah oleh panca maha bhuta (pertiwi, apah, bayu, teja, akasa). Unsur–unsur ini adalah unsur maya dari Brahman. Hal itu disebabkan bathara Siwa meresap kedalam ciptaannya, sehingga badan yang selama ini kita banggakan karena kegantengannya, kecantikannya menjadi seolah – olah nyata (hidup). Semua itu disebabkan oleh karena belenggu ikatan atma terhadap pengaruh indria atau unsur maya, yang menyebabkan keberadaan atma menjadi awidya. Sesungguhnya apabila kita menyadari keberadaan Brahman (Siwa), maka belenggu ikatan duniawi akan lepas dan menyadari bahwa “ yang hidup akan selalu hidup yang tak hidup takkan pernah hidup, karena tak pernah ada kemataian”.
          Proses penciptaannya terjadi secara bertahap dari penciptaan purusa yang pertama oleh bathara Siwa sampai padap penciptaan yang terkhir yaitu pertiwi, sebagai berikut:
Proses penciptaan bhwana agung:
Zat kehidupan
Tahapan penciptaan benih alam
Sifat

Bathara Siwa


Purusa
Sinar matahari

Awyakta
Tamah

Budhi
Satwam

Ahamkara
Rajas

Panca tan matra
Tamas

Manah
Ingin, bimbang
Telinga, hati, dubur, kemaluan, tulang
Akasa
Suara
Prana, apana, samana, udana, byana
Bayu
Suara, senBrahman
Maha agni, grhaspatyagni, daksinagni
Agni
Suara, rupa
Darah, najis, air kemih, keringat, ludah, sumsum, otak
Apah
Suara, rupa, rasa
Daging, tulang, otot rambut, bulu kaki, buah pinggang, paru – paru, jantung, hati, limpa
Pertiwi
Suara, senBrahman, rupa, rasa, bau.

Sumber: (proyek peningkatan sarana dan prasarana kehidupan beragama, 1999/2000; 2 - 3)
Sedangkan proses meleburnya semua ciptaan-Nya juga terjadi secara bertahap dan terbalik yaitu dari unsure yang paling kasar, pertiwi, sampai kepada yang paling halus menuju Bhatara Sangkara sebagai berikut:
Bathara Siwa

   Purusa                                                                                hakekat wujud dewata

  Awyakta


    Budhi

Hakekat yang
berwujud abstrak
 
  Ahamkara
               
              Panca tan matra                                                                      

   Manah



    Akasa

    Bayu
Wujud kehidupan
segala yang
bersifat biotik
 
                                                                                                   
     Agni                                                                                    

     Apah

    Pertiwi
Sumber: (proyek peningkatan sarana dan prasarana kehidupan beragama, 1999/2000; 3)
          Tingkatan-tingkatan alam bila dihubungkan dengan tubuh manusia(bhwana alit) akan ditemukan pada bagian-bagian tubuh manusia dari alam yang paling bawah sampai dengan yang tertinggi yaitu moksa. Pada setiap bagan yang merupakan symbol alam dalam tubuh manusia berstana dewa – dewa, dimana Sang Hyang Parama Nirbana Siwa adalah dewa yang tertinggi yang harus dijadikan objek dalam kamoksan. Adapun tingkatan – tingkatan alam bhwana agung dan bhwana alit adalah sebagai berikut:

Alam dalam bhwana agung
Letaknya dalam bhwana alit
Dewanya
_
ubun – ubun

_
lobang kepala
Sang Hyang Parama Nirbana Siwa
_
Rongga Kepala
Sang Hyang Nirbana Siwa
Paramakewalya
Kepala
Sang Hyang Antyatma Suksma
_
diantara kedua alis
Sang Hyang Parama Siwa dan Sang Hyang Sada Siwa
Kewalya
dahi
Sang Hyang Siwatma
_
langit – langit
Sang Hyang Siwatara
Telinga, hati, dubur, kemaluan, tulang
leher
Sang Hyang Siwa Purusa
Satyaloka

pangkal leher
Rudra/ Mahadewa
Tapaloka

dada
Sang Hyang Brahma
Janaloka

hati
Wisnu
Mahapana
perut
Sang Hyang Yaksa Prajapati

Indraloka

Pusat
Aghora
Sumber: (proyek peningkatan sarana dan prasarana kehidupan beragama, 1999/2000; 5 - 6)
          Dengan mengetahui keberadaan Brahman dalam semesta (bhwana agung) dan dalam tubuh (bhwana alit) seperti yang menjadi perbandingan dalam bagan diatas, maka sudah dapat dikatakan sebagai suatu sarana untuk mencapai tujuan yang tertinggi. Untuk memiliki pengetahuan tersebut tidaklah mudah, ia harus dicari dengan tekun dan teliti serta dengan beberapa persyaratan yang berat seperti:
1.       Memiliki kepribadian yang baik
2.       Memiliki tata krama
3.       Berpikir tenang
4.       Tidak minum-minuman keras
5.       Menjauhi perbuatan nista
6.       Guru Susrusa
7.       Tekun menjalankan Brata
8.       Memiliki pengetahuan Weda dan Sastra Lainnya
9.       Memiliki keyakinan yang kuat akan ajaran tersebut
10.     Penguasaan ajaran itu yang dapat dilaksanakan dengan mempelajari secara tekun dan teliti.
11.     Selalu melaksanakan yoga
Sumber: (proyek peningkatan sarana dan prasarana kehidupan beragama, 1999/2000:6-7)

III.    PENUTUP
          Berdasarkan paparan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kitab suci Hindu, ilmu yang mempelajari tentang Tuhan dinamakan brahma vidya atau brahma tattva jnana. Brahma diartikan Tuhan, yaitu gelar yang diberikan kepada Tuhan sebagai unsur yang memberikan kehidupan pada semua ciptaan-Nya, Yang Maha Kuasa. Dalam Upanisad Tuhan disebut Brahman, yaitu Nirguna Brahman dan Saguna Brahman. Buana Kosa merupakan salah satu lontar tattwa yang bercorak siwaistik berisi percakapan antara Srimuni Bhargawa dengan Bhatara Siwa tentang Brahmarahasyam, yaitu percakapan antara Bhatara Siwa dengan Bhatari Uma dan Sang Kumara tentang Jnanarahasyam. Dalam Buana Kosa Tuhan Yang Maha Esa disebut Bhatara Siwa. Beliau tanpa bentuk, tanpa warna, tak terpikirkan, tak tercampur, tak bergerak, tak terbatas, tak termusnahkan, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam manifestasinya sebagai Trimurti Bhatara Siwa adalah Brahma sebagai pencipta, Wisnu sebagai pemelihara, dan Rudra/Iswara sebagai pelebur. Brahman dalam Bhuwana Kosa juga dikatakan bersifat immanent dan trancendent.
         



DAFTAR PUSTAKA


Gautama, Budha Wayan. 2009. Tutur Bhuwana Kosa. Surabaya: Paramita.

Gunawan, Pasek I Ketut. 2012. Bahan Ajar Siva Siddhanta II. Denpasar: IHDN.

Pemerintah Kabupaten Buleleng Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata. 2009. Bhuwana Kosa. Buleleng : UPTD GEDONG KIRTYA.

Proyek Peningkatan Sarana dan Prasarana Kehidupan Beragama.2000. Siva Tattwa. Milik Pemerintah Provinsi Bali.

Pujda, Gde. 1999b. Theologi Hindu (Brahma Vidya). Surabaya: Paramita.








 



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar